Selain mempunyai rasa yang enak sehingga bisa diolah menjadi berbagai masakan dan  bermanfaat bagi kesehatan, bengkuang juga ternyata mempunyai manfaat besar untuk  menjaga menjaga dan merawat kecantikan kulit.

”  Melembabkan dan Menjaga Kesehatan Kulit ”

Memiliki kulit cantik dan sehat merupakan dambaan setiap wanita. Banyak cara yang  dilakukan oleh para wanita agar memperoleh kulit yang mulus, cantik dan sehat. Akan  tetapi terkadang cara yang dilakukannya malah membuat kulit menjadi kebalikannya  yaitu  kulit menjadi tidak cantik dan tidak sehat.
Mengingat fungsinya yang sangat penting, kesehatan kulit perlu dijaga karena banyak  sekali faktor yang dapat mengganggu kesehatan kulit, diantaranya usia, iklim, polusi,  genetik, penyakit, hormonal dan gaya hidup. Gaya hidup yang beresiko bagi kesehatan  kulit antara lain stres, diet yang salah, kurang berolahraga, rokok, minuman beralkohol,  perawatan kulit yang tidak tepat dan penggunaan kosmetik yang terlalu tebal sehingga  menghambat peredaran udara di kulit wajah. Stres akan mengakibatkan kulit menjadi  kering sehingga akan menyebabkan kulit terlihat kusam.
Selain itu, ada beberapa hal yang harus dihindari atau diminimalisir yaitu faktor  lingkungan  misalnya polusi udara, bahan-bahan kimia yang keras, cahaya matahari,  panas atau dingin  yang berlebihan dapat merusak kulit yang membahayakan kesehatan  kulit.
Bengkuang seringkali banyak digunakan oleh para ahli kecantikan untuk membantu  dalam  perawatan kesehatan kulit wajah dan tubuh. Sudah banyak produk yang berasal  dari  ekstrak bengkuang yang dipergunakan untuk kecantikan, diantaranya bedak dingin,  masker bengkuang, hand and body lotion, pelembab dan lain sebagainya. Selain dengan  produk yang sudah tersedia paraktis tersebut, bengkuangpun dapat digunakan dengan  cara yang konvensional seperti dengan memarut bengkuang kemudian dijadikan luluran  atau maskar untuk wajah sehingga dapat mengencangkan dan memutihkan kulit wajah.

Setelah menyimak uraian diatas, terungkaplah bahwa bengkuang “Si Umbi Penyejuk” itu  ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa. Selain baik untuk menjaga kesehatan  tubuh,  menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh juga sangat baik untuk menjaga  kecantikan.