Belakangan laptop berukuran mini (Netbook) menjadi trend dan banyak terjual di pasaran. Ini dikarenakan bentuknya yang kecil, ringan dan daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan notebook/laptop biasa. Tetapi bagaimana dengan pengoperasionnya? apakan juga nyaman?
Kebanyakan netbook yang dijual di pasaran sudah di bundling dengan sistem operasi Windows 7. tetapi apakah sistem operasi ini sudah sesuai untuk netbook? belum tentu.

Kali ini saya akan coba mengulas beberapa sistem operasi yang katanya terbaik dan sesuai untuk netbook.

1. Ubuntu (Linux, Gratis)

Ubuntu merupakan sistem operasi linux gratis yang paling populer saat ini berdasarkan beberapa website linux survey. Ubuntu memiliki tingkat kompatibilitas cukup baik, dan pengenalan perangkat lebih baik dari varian linux yang lain. Sedangkan untuk netbook, ubuntu juga telah menyediakan sistem operasi dengan nama Ubuntu Netbook Remix, yang bisa berjalan pada netbook dengan spesifikasi sangat minim sekalipun.

2. Linux Mint (Linux, Gratis)

Linux Mint juga varian dari linux, yang di desain untuk mereka yang baru mulai mempelajari linux. Secara tampilan, sistem operasi ini mirip dengan windows, sehingga bagi mereka yang ingin belajar linux sebaiknya menggunakan linux mint.

3. Windows 7 (Windows, Harganya sekitar $145 untuk Home Premium)

Sistem operasi dari microsoft ini menempati urutan terbawah karena menurut saya sistem operasi ini terbilang cukup memakan kerja vga card, prosesor dan boros di penggunaan RAM, terutama yang meletakkannya pada posisi paling bawah adalah karena tidak gratis, dan terbilang masih mahal. Tetapi kebanyakan netbook sekarang, pada penjualannya sudah di bundle dengan sistem operasi ini.

4. Windows XP (Windows, Harga terakhir sekitar $90 untuk SP3)

Kalau dari kinerja, Windows XP masih lebih baik dibandingkan dengan Windows 7. Saya letakkan di urutan paling bawah hanya karena sistem operasi ini sudah kurang di support lagi oleh microsoft.

5. Jolicloud (Linux, Gratis)

Jolicloud berbabis linux dan sepertinya memang di desain untuk netbook. Ini bisa dilihat dari tampilannya yang simple, user friendly yang didesain untuk layar yang berukuran kecil. Jolicloud merupakan perpaduan Debian, Fedora, Wine untuk mendukung penggunaan aplikasi windows dalam linux.