Saat Anda mendatangi salon atau klinik kecantikan untuk facial, bisa jadi Anda bingung memilih jenis facial yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Apalagi jika jenis facial yang tersedia banyak ragamnya. Agar Anda tidak bingung, simak beberapa jenis facial dan keterangannya yang patut Anda ketahui.

* Deep-cleansing facial. Facial jenis ini adalah facial yang paling dasar. Kulit akan dibersihkan dengan cairan pembersih yang sesuai dengan kulit wajah Anda dengan melakukan pemijatan sambil mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori. juga termasuk pengelupasan, pemijatan untuk mengencangkan kulit, pemakaian masker dan pemakaian pelembap. Jenis facial ini sangat cocok untuk segala jenis kulit.
* Extra-hydrating facial. Jika kulit Anda sangat kering, pilihlah facial jenis ini. Perawatan ini sangat kaya akan pelembab yang diformulasikan untuk memberi kelembaban ekstra pada kulit yang sangat kering.

* Anti-aging facial. Facial jenis ini sedikit berbeda dibandingkan dengan facial biasa. Facial ini biasanya menggunakan bahan-bahan seperti alpha atau beta-hydroxy acids dan vitamin C untuk mengatasi kerutan-kerutan serta garis-garis wajah. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kekenyalan kulit dan merangsang produksi kolagen pada kulit. Dengan teknik pijat yang unik, aliran darah di permukaan kulit akan menjadi lancar. Mereka yang merasa kulitnya kehilangan kelembaban dan mulai mengalami penuaan dini sangat cocok melakukan facial jenis ini. Sesuai untuk semua jenis kulit.
* Acne treatment facial. Dianjurkan bagi mereka yang mengalami masalah jerawat pada wajah. Perawatannya mencakup membersihkan wajah dari kotoran-kotoran dan komedo serta menormalkan produksi minyak yang berlebihan. Mereka yang memiliki jenis kulit berminyak menggunakan facial jenis ini.
* Aromatherapy facial. Sebelum melakukan facial jenis ini, biasanya sang terapis akan mempelajari jenis kulit Anda terlebih dulu. Essential oil yang dipakai akan bekerja sempurna jika sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Biasanya facial aromaterapi ini lebih mengarah pada relaksasi tetapi juga untuk pembersihan wajah Anda.
Jika Anda barn pertama kali mencoba sebaiknya lakukan facial tradisional atau deep cleasing facial yang paling umum untuk Anda coba. Akan tetapi jika Anda ingin yang lebih spesifik maka Anda bisa meminta saran pada ahli kecantikan, mana facial yang dibutuhkan oleh kulit Anda.